Cari Produk

You are here : Home > Info Nutrisi > Tips Mengurangi Konsumsi gula
Tips Mengurangi Konsumsi gula

Gula telah jadi bagian hampir sepanjang hidup kita. Bahkan bisa dikatakan kita sudah kecanduan dengan gula. Bagaimana tidak, hampir setiap minuman dan makanan yang kita konsumsi sehari-hari penuh dengan kandungan gula. Misalnya saja jus buah, kopi, teh, susu, yoghurt, roti berselai, sereal sarapan pagi dan masih banyak lagi. Bahkan meminum minuman soda sama dengan mengkonsumsi hampir 10 sendok teh gula (batas maksimum yang diperbolehkan konsumsi gula dalam sehari).

Minum minuman yang manis memang menghilangkan dahaga. Apalagi kalau minuman tersebut dingin, sungguh terasa segar. Kalaupun hangat, akan terasa menghangatkan badan sekaligus menambah tenaga. Padahal meminum minuman yang terlalu manis justru akan membuat dahaga menjadi lebih haus lagi. Sebenarnya bagi tubuh kita, gula hanya meningkatkan energi, tanpa kandungan vitamin, mineral, serat atau anti-oksidan yang dapat Anda temukan dalam makanan alami. Dan terlebih lagi pengaruh negatifnya, gula dapat memicu kegemukan.

Namun tentu saja tidak mungkin untuk menghapuskan gula dari kehidupan kita. Berikut beberapa tips yang cukup mudah untuk membatasi asupan gula ke dalam tubuh kita:

  1. Hindari produk-produk instant atau kemasan, termasuk yang dibuat dengan tepung. Konsumsilah makanan dalam bentuk alami, kecuali buah atau jus kalengan.

  2. Konsumsilah lebih banyak buah-buahan manis sebagai pengganti pemanis dari gula.

  3. Hentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan manis favorit Anda selama tiga minggu. Setelah selang waktu itu, indra perasa Anda akan mengalami perubahan dan kebutuhan Anda akan makanan manis tidak akan sekuat sebelumnya.

  4. Pilihlah madu sebagai pengganti manisnya gula. Selain lebih alami, madu banyak khasiatnya dan manisnya pun tak kalah dibandingkan gula biasa.

  5. Kendalikan dorongan untuk ngemil, terutama makanan manis. Misalnya jika Anda ingin menyantap sepotong donat manis, ambil jeda 15 menit untuk memikirkan makanan itu lagi atau alihkan dengan aktivitas lain.

  6. Minumlah banyak air putih sepanjang hari. Terkadang kita salah mengartikan dehidrasi sebagai rasa lapar.

  7. Pilihlah makanan berprotein karena dapat diserap lebih lama dari pada karbohidrat dan membuat rasa kenyang bertahan lama.

  8. Jika terpaksa harus mengkonsumsi gula, pilihlah gula rendah kalori yang banyak tersedia di pasaran.

Setelah menjalani tips-tips diatas semoga keinginan Anda untuk mengkonsumsi makanan manis akan berkurang.

Berikut ini Suplemen yang dapat membantu Anda

Terdapat 4 komentar disini.
riadi,2010-03-30 04:03:33
tapi agak repot sy hoby nya mnm kopi

ekope,2010-09-14 11:09:15
gula rendah kalori seperti gula jagung?

Asop,2010-10-20 09:10:20
Lah minum kopi tanpa gula juga nikmat kok bagi pecinta kopi... :)

aga pujama,2011-01-23 12:01:37
Bagaimana dengan gula merah (aren), apakah bisa disamakan dengan gula pasir? Mohon penjelasannya juga, ya!

Add Comment
Untuk menambah komentar dan mendapatkan poin, silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Nama
Email
Rating
Comment


Klik kode baru
Masukkan kode verifikasi  

Artikel Kami Lainnya
Komentar Terbaru
Artikel Terbaru
Artikel Terkait


Cek Produk BINARAGA.NET di BPOM Suplemen yang dijual di Binaraga.net original, berasal dari importir resmi yang terdaftar, memiliki izin edar dan sertifikasi BPOM. Informasi yang disediakan dalam Binaraga.net bukan untuk menggantikan nasihat Dokter dan pernyataan didalamnya serta penggunaannya tidak ditujukan untuk mendiagnosa, merawat, menyembuhkan atau mencegah masalah kesehatan apapun. Shop and get Free EBook Rai Institute Rp.120.000, Free Voucher Rp.100.000 untuk mengikuti Sertifikasi Personal Trainer Rai Institute, Anti Aging dr. Phaidon, bergabung dengan komunitas Binaraga Natural terbesar di Indonesia dan free konsultasi Easy Rapid FatLoss & MuscleGain selama 2 minggu. 6 Jam terkirim khusus Jakarta by Gojek & Grab, Cash On Delivery by J&T.





         FAQ
         Member
         Personal Trainer
         Business Athlete
         Anti Aging
         Fat Loss
         Sport Science
         Webinar
         Gym Designer
         Performance Center
    RAI Institute
    RAI Fitness
    Ade Rai
    Tentang Kami
    Brand Activation
    Hubungi Kami
    Alumni RAI Institute
    Become An Owner