Cari Produk

You are here : Home > Info Nutrisi > Jangan Abaikan Vitamin dan Mineral
Jangan Abaikan Vitamin dan Mineral

Bagi para binaragawan, hal pertama yang muncul ketika memilih suplemen adalah protein. Karena protein berguna sebagai pembentuk otot yang paling populer. Oleh karena itu, keberadaan vitamin dan mineral sebagai kelompok mikronutrien seringkali diabaikan. Vitamin dan mineral, walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah yang kecil bermanfaat untuk membantu proses metabolisme tubuh agar dapat berlangsung dengan baik. Oleh karena itu kurangnya asupan vitamin dan mineral dapat menghambat perkembangan Anda.


Vitamin
Vitamin adalah zat esensial yang diperlukan untuk membantu kelancaran penyerapan zat gizi dan proses metabolisme tubuh. Kekurangan vitamin dapat berakibat terganggunya kesehatan. Karena itu, asupan harian vitamin dalam jumlah tertentu yang idealnya bisa diperoleh dari makanan. Jumlah kecukupan asupan vitamin per hari untuk perawatan kesehatan tersebut ditetapkan sebagai Recommended Daily Allowance atau RDA.

Beberapa vitamin tertentu bila diberikan dalam dosis tinggi mempunyai efek antioksidan yang membantu sistem imunitas tubuh dalam menetralkan racun yang berasal dari radikal bebas dan kuman penyakit. Beberapa vitamin lain mempunyai efek penyembuhan, sebagai kebalikan dari defisiensi yang terjadi akibat kekurangan vitamin tersebut.

Karena umumnya vitamin tidak diproduksi oleh tubuh, vitamin disebut sebagai senyawa esensial yang vital dan dipasok dari makanan. Vitamin yang diproduksi tubuh adalah Vitamin D dan K. Kekurangan vitamin akan menyebabkan terjadinya gejala-gejala tertentu sebagai gangguan kesehatan.

Di samping itu, beberapa vitamin berfungsi sebagai antioksidan dan stimulan sistem imun yaitu Vitamin A, C dan E. Pembentuk jaringan epitel mukosa dan sekresinya, misalnya Vitamin A dan E. Ada pula yang bekerja sebagai pembentuk neurotransmitter saraf, sistem darah dan enzyme misalnya Vitamin B kompleks. Vitamin D berfungsi khusus pembentuk tulang dan Vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah.

Karena terdiri atas banyak jenis senyawa yang berbeda, vitamin dibedakan menjadi vitamin larut air (Vitamin C, B kompleks) dan vitamin larut lemak (Vitamin A, D, E, dan K). Vitamin larut air tidak disimpan di dalam tubuh sehingga perlu dipasok terus dari makanan atau suplemen. Sedangkan vitamin larut lemak disimpan oleh tubuh, tetapi bila kelebihan dapat menimbulkan efek samping keracunan vitamin. Karena itu penggunaan vitamin larut lemak dalam dosis tinggi (Vitamin A dan E) yang disarankan sebagai antioksidan haruslah berhati-hati karena dapat menurunkan sistem imun.

Mineral
Seperti halnya vitamin, mineral dibutuhkan tubuh untuk mendukung fungsi metabolisme. Beberapa mineral berperan dalam membantu sistem imun seperti seng dan selenium, membantu sistem darah seperti kalium dan kalsium, membentuk tulang, mempertahankan kadar gula dalam darah, menjaga fungsi tiroid, menjaga otot jantung dan menjaga penyerapan kalsium oleh tulang. Dan membentuk darah. Mineral penting lainnya adalah natrium, kromium, mangan, kobalt, sulfur, klor dan fosfor.

Pada kebutuhan sehari-hari, mineral dibutuhkan dalam jumlah kecil dan diserap dari makanan dalam bentuk senyawa organik yang aman bagi tubuh.

Di bawah ini adalah tabel beberapa kebutuhan vitamin dan mineral yang dikeluarkan oleh USRDA.


JENIS VITAMIN DAN MINERAL

RDA (100%)

VITAMIN A

5,000 IU

VITAMIN B1 (Thiamin)

1.5 mg

VITAMIN B2 (Riboflavin)

1.7 mg

VITAMIN B3 (Niacin)

20 mg

VITAMIN B5 (Pantothenic acid)

10 mg

VITAMIN B6 Pyridoxine HCL

2 mg

VITAMIN B12

6 mcg

BIOTIN

300mcg

FOLIC ACID

400mcg

VITAMIN C

60 mg

VITAMIN D

400 IU

VITAMIN E

30 IU

VITAMIN K

80 mcg

Calcium

1000 mg

Iron

18 mg

Iodine

150 mcg

Magnesium

400 mg

Zinc

15 mg

Selenium

70 mcg

Copper

1,5 mg

Manganese

2 mg

Chromium

120 mcg

Potassium

800 mg

Berikut ini Suplemen yang dapat membantu Anda
Produk Tidak Ditemukan

Terdapat 1 komentar disini.
julfikar,2010-11-30 08:11:08
siiiip lah infonya., tapi kalo bisa tolong jelaskan dan sebutin jenis makana apa saja yang mengandung vitamin diatas.,tq

Add Comment
Untuk menambah komentar dan mendapatkan poin, silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.
Nama
Email
Rating
Comment


Klik kode baru
Masukkan kode verifikasi  

Artikel Kami Lainnya
Komentar Terbaru
Artikel Terbaru
Artikel Terkait


Cek Produk BINARAGA.NET di BPOM Suplemen yang dijual di Binaraga.net original, berasal dari importir resmi yang terdaftar, memiliki izin edar dan sertifikasi BPOM. Informasi yang disediakan dalam Binaraga.net bukan untuk menggantikan nasihat Dokter dan pernyataan didalamnya serta penggunaannya tidak ditujukan untuk mendiagnosa, merawat, menyembuhkan atau mencegah masalah kesehatan apapun. Shop and get Free EBook Rai Institute Rp.120.000, Free Voucher Rp.100.000 untuk mengikuti Sertifikasi Personal Trainer Rai Institute, Anti Aging dr. Phaidon, bergabung dengan komunitas Binaraga Natural terbesar di Indonesia dan free konsultasi Easy Rapid FatLoss & MuscleGain selama 2 minggu. 6 Jam terkirim khusus Jakarta by Gojek & Grab, Cash On Delivery by J&T.





         FAQ
         Member
         Personal Trainer
         Business Athlete
         Anti Aging
         Fat Loss
         Sport Science
         Webinar
         Gym Designer
         Performance Center
    RAI Institute
    RAI Fitness
    Ade Rai
    Tentang Kami
    Brand Activation
    Hubungi Kami
    Alumni RAI Institute
    Become An Owner