Cari Produk

Home > Artikel > Menurunkan Komposisi Lemak Tubuh
Menurunkan Komposisi Lemak Tubuh

Untuk Menurunkan Komposisi Lemak Tubuh

Fat Burner Lipotropik

Pada awalnya, produk suplemen pembakar lemak hanya memiliki kategori lipotropik, yang terdiri dari betaine, choline, inositol, dan L-carnitine. Suplemen ini diyakini dan dipasarkan dengan iming-iming manfaat pengangkatan sel-sel lemak dari dalam tubuh untuk dimasak menjadi energi.

Namun belakangan ini ditemukan bahwa ternyata suplemen pembakar lemak kategori lipotropik ini tidak menimbulkan manfaat tersebut karena hasil penelitian yang dipakai masih pada tahap percobaan terhadap binatang, dan belum pada manusia. Adapun di antara keempat nutrisi lipotropik tersebut, L-carnitine lebih menikmati popularitas sebagai pembakar lemak lipotropik. Memang ditemukan efek pembakaran energi pada tingkat mitokondria (dapur energi sel tubuh yang memasak lemak) pada uji klinis pada manusia, namun penemuan tersebut tidak konsisten dengan penemuan-penemuan lain dengan protokol uji klinis yang sama ketatnya.

Secara konklusif, hingga saat ini konsumsi suplemen lipotropik tidak ditemukan mampu meningkatkan performa maupun pembakaran energi lemak secara signifikan. Dan kalaupun L-carnitine memberikan efek pembakaran lemak seperti yang ditawarkan oleh beberapa merk suplemen dan susu, dosis yang dianjurkan pun ada di kisaran 2000 mg per hari atau lebih kurang 4-15 kali lipat daripada anjuran pemakaian per saji.

Thermogenik

Kategori produk pembakar lemak thermogenik melakukan pembakaran lemak melalui peningkatan suhu dan metabolisme tubuh. Kategori ini pertama kali diperkenalkan oleh Steve Blechman pada tahun 1989 melalui suplemen dengan komposisi E/C/A (Ephedrine, Caffeine, Aspirin). Efektifitas suplemen ini termasuk luar biasa, dan merupakan suplemen non-preskripsi paling ampuh yang ada di pasaran pada waktu itu.

Dalam beberapa uji klinis terhadap keamanan dan efektifitas suplemen ini, termasuk studi 6 bulan yang dilakukan oleh National Insitute of Health (NIH) yang merupakan bagian dari FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat), ternyata tidak kalah terhadap dua produk preskripsi di Amerika yakni sibutramine dan orlistat. Dari segi harga pun jauh lebih terjangkau dan tidak memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Dengan mentalitas bahwa “lebih banyak berarti lebih baik” khayalak ramai yang membeli suplemen thermogenik E/C/A ini akhirnya pun mulai mengkonsumsinya secara kurang bijaksana. Meskipun sudah ada peringatan pada label yang melarang konsumsi untuk orang-orang berisiko menderita jantung namun peringatan itu diabaikan begitu saja. Justru orang-orang yang berisiko menderita jantung (yang umumnya adalah dari kalangan obesitas) yang mengkonsumsi suplemen E/C/A ini secara berlebihan. Tak pelak lagi, korban pun berjatuhan termasuk beberapa atlit bisbol papan atas di Amerika Serikat. Perusahaan asuransi pun menentukan premi yang jauh lebih tinggi kepada mereka yang mengaku menggunakan suplemen E/C/A tersebut. Akhirnya pada tahun 2003, suplemen pembakar lemak dengan komposisi E/C/A harus ditarik total dari pasaran menyusul serangkaian publisitas negatif yang muncul akibat penyalahgunaan suplemen ini.

Untuk atlit yang bertanding, penggunaan E/C/A akan terdeteksi oleh tes doping sehingga tidak dianjurkan untuk dipakai pada pertandingan. Dan untuk keperluan penurunan berat badan, kategori thermogenik sebenarnya tidak hilang dari pasaran dengan ditariknya E/C/A. Ditemukan bahwa beberapa zat ternyata bisa mengimbangi efek penurunan lemak tubuh E/C/A secara lebih aman dan efektif. Beberapa diantaranya yang patut disimak pada label suplemen adalah: citrus aurantium, green tea extract, l-tyrosine, l-phenylalanine, ginger extract dan caffeine.

Khusus untuk caffeine, masih bisa dikonsumsi untuk atlit yang dites doping. Namun yang perlu diperhatikan adalah dosis yang dikonsumsi agar tidak melebihi 2 mg per kilogram berat badan karena pada dosis ini caffeine akan terdeteksi terlalu tinggi dan dianggap mampu memberikan booster performa yang tidak adil untuk kompetisi.

Ingatlah selalu bahwa suplemen thermogenik tidak dianjurkan untuk ibu hamil & menyusui, serta tidak dianjurkan untuk penderita jantung, diabetes, dan siapapun yang sedang dalam pengobatan. Sebaiknya mengkonsumsi suplemen kategori thermogenik ini dalam kondisi tubuh yang sehat, serta tidak melebihi dosis yang dianjurkan oleh produsen.

Berikut ini Produk yang dapat membantu Anda

Terdapat 0 komentar disini.
Ingin Beri Komentar ?
Untuk menambah komentar dan mendapatkan poin, silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu.

Rating

 

Komentar


Nama

Email

Klik kode baru

Masukkan kode verifikasi

Artikel Kami Lainnya
Komentar Terbaru
Artikel Terbaru
Artikel Terkait


Cek Produk BINARAGA.NET di BPOM Suplemen yang dijual di Binaraga.net original, berasal dari importir resmi yang terdaftar, memiliki izin edar dan sertifikasi BPOM. Informasi yang disediakan dalam Binaraga.net bukan untuk menggantikan nasihat Dokter dan pernyataan didalamnya serta penggunaannya tidak ditujukan untuk mendiagnosa, merawat, menyembuhkan atau mencegah masalah kesehatan apapun. Shop and get Free EBook Rai Institute Rp.120.000, Free Voucher Rp.100.000 untuk mengikuti Sertifikasi Personal Trainer Rai Institute, Anti Aging dr. Phaidon, bergabung dengan komunitas Binaraga Natural terbesar di Indonesia dan free konsultasi Easy Rapid FatLoss & MuscleGain selama 2 minggu. 6 Jam terkirim khusus Jakarta by Gojek & Grab, Cash On Delivery by J&T.





         FAQ
         Member
         Personal Trainer
         Business Athlete
         Anti Aging
         Fat Loss
         Sport Science
         Webinar
         Performance Center
    RAI Institute
    RAI Fitness
    Ade Rai
    Tentang Kami
    Brand Activation
    Hubungi Kami
    Alumni RAI Institute
    Become An Owner