Cari Produk
Diet tapi lapar dan pucat
You are here : Ask Ade Rai > Diet tapi lapar dan pucat



TANYA :

 

Saya mulai diet 2 bulan yang lalu dimulai dari berat badan 60 kg (tinggi badan 155 cm). Caranya adalah dengan mengurangi makan yang dari 3 x sehari sekarang jadi 2 x sehari. Tapi meskipun sudah seperti ini, saya belum puas dengan hasilnya. Berat badan saya sekarang 56 kg, tetapi lingkar celana saya hanya turun 1 inci dan teman-teman bilang saya lebih pucat dan kurang segar. Harus saya akui saya sepertinya tidak bisa bertahan lama dengan diet ini karena tubuh saya jadi lemas. Please help! – Puji, Bandung.

 

JAWAB :

 

Penyebab kegemukan adalah lebih besarnya kalori yang masuk (melalui makanan) daripada kalori yang keluar (melalui metabolisme dan aktivitas). Adalah wajar apabila kita memiliki logika bahwa kalau mau mengendalikan kegemukan tersebut berarti kita perlu melakukan yang sebaliknya, yakni mengurangi makan dan meningkatkan aktivitas. Dalam hal makan, hal pertama yang dilakukan adalah mengurangi porsi dan atau frekuensi makan dalam sehari. Hal ini mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan kalori maupun nutrisi mikro (vitamin dan mineral), alhasil tubuh menjadi lemas, pucat, dan mudah sakit.

 

Kata ‘diet’ mungkin adalah kata yang paling disalahartikan dalam konsep fitness untuk body-shaping. ‘Diet’ adalah mengatur pola makan, bukan mengurangi makan. Berarti sebenarnya diet adalah mengatur jumlah, jenis, dan jadwal makan untuk berbagai tujuan. Salah satunya adalah diet untuk menurunkan lemak dan pembentukan tubuh. Kunci diet adalah tidak boleh menyebabkan lapar dan lemas, bisa dijalankan secara konsisten (tidak membosankan), dan yang pasti memberikan manfaat kesehatan yang nyata.

 

Pastikan pengaturan makan Anda tidak berorientasi pada pengurangan prosi atau frekuensi semata-mata. Kenyataannya, dengan penyajian yang smart berikut ini Anda akan menikmati diet yang lebih sehat dan berhasil:

-          Batasi atau hindari penambahan bahan-bahan seperti minyak goreng, mentega, margarin, santan, tepung-tepung, dan gula. Trik ini memungkinkan Anda menekan kalori yang masuk tanpa mengurangi porsi ataupun frekuensi makan.

-          Pilihlah cara masak atau bentuk penyajian yang rendah kalori seperti: mentah, kukus, rebus, panggang, bakar, pepes, dan tumis. Bentuk penyajian ini memungkinkan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral makanan dalam kadar maksimal saat dikonsumsi.

-          Cobalah pilihan snack yang lebih sehat di sela-sela meal, seperti kacang tanah sangrai (kaya akan lemak sehat tak jenuh yang membantu membakar lemak), susu atau yoghurt rendah lemak, roti lapis, maupun jus buah.

 

 

Terdapat 0 komentar disini.
Ingin Beri Komentar ?
Rating

 

Komentar


Nama

Email

Klik kode baru

Masukkan kode verifikasi

Artikel Kami Lainnya
Komentar di Ask Ade Rai
Produk Kami


Cek Produk BINARAGA.NET di BPOM Suplemen yang dijual di Binaraga.net original, berasal dari importir resmi yang terdaftar, memiliki izin edar dan sertifikasi BPOM. Informasi yang disediakan dalam Binaraga.net bukan untuk menggantikan nasihat Dokter dan pernyataan didalamnya serta penggunaannya tidak ditujukan untuk mendiagnosa, merawat, menyembuhkan atau mencegah masalah kesehatan apapun. Shop and get Free EBook Rai Institute Rp.120.000, Free Voucher Rp.100.000 untuk mengikuti Sertifikasi Personal Trainer Rai Institute, Anti Aging dr. Phaidon, bergabung dengan komunitas Binaraga Natural terbesar di Indonesia dan free konsultasi Easy Rapid FatLoss & MuscleGain selama 2 minggu. 6 Jam terkirim khusus Jakarta by Gojek & Grab, Cash On Delivery by J&T.













         FAQ
         Personal Trainer
         Business Athlete
         Anti Aging
         Fat Loss
         Sport Science
         Webinar
         Gym Designer
         Performance Center


    RAI Institute
    Ade Rai
    Brand Activation
    Become a Partner
    Personal Consultation

   New Body Fitness (NBF)
   Prisma Kedoya Plaza B-1
   Jakarta Barat 11530